Peresmian Gedung Pelayanan PBB dan BPHTB Tahun 2012

Bertempat di halaman Gedung pelayanan PBB dan BPHTB, (Gedung X Distarkim), Senin (2/1) Walikota meresmikan Gedung Pelayanan PBB dan BPHTB Tahun 2012 . Acara ini dihadiri oleh Walikota Depok Nur Mahmudi Isma’il beserta Ibu, Wakil Walikota KH.Idris Abdul Somad, Sekretaris Daerah, Asisten Tata Praja, Asisten Ekbangsos, Muspida Kota Depok, Camat, Lurah, KaDPPKA Dodi Setiadi, AK,MM,CPA, Pejabat dari Kemenku, Kemendagri, Kabiro Otonomi Daerah Provinsi Jawa Barat Drs. Sony S. Adisudarma, Msi dan hadirin lainnya. More »

Peresmian tempat pembayaran PBB dan BPHTB di lingkungan Balaikota Depok

Pemerintah Kota Depok secara resmi telah membuka tempat pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) dan Biaya Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan (BPHTB) di lingkungan Balaikota Depok. Hal ini sekaligus memberi kemudahan bagi masyarakat mengurus transaksi jual beli tanah. More »

Sosialisasi BBNKB Gratis

Hari Senin(13/2) Samsat Kota Depok yang berada di Jalan Merdeka Raya, Sukmajaya Depok , tampak lengang. Hal ini menjadi pemandangan yang tidak biasa di Samsat Depok, namun dari pengamatan yang ada di tempat tersebut, terkesan bahwa Samsat Kota Depok kini terlihat semakin tertib dalam melayani kebutuhan masyarakat dalam mengurus surat-surat kendaraan bermotor. Kondisi ini bisa terjadi karena sejak Bulan Mei 2011 pelayanan di Samsat Kota Depok telah terbagi menjadi 2 tempat yakni, untuk kendaraan yang berdomisili di wilayah Kecamatan Beji, Sukmajaya, Cilodong, Cimanggis, Tapos, dan Cipayung dilayani di Samsat Depok tersebut, sedangkan untuk kendaraan yang berdomisili di Kecamatan Cinere, Limo, Sawangan, Bojongsari dan Panmas dilayani di Samsat Cinere yang berada di Jl.Raya Limo,Kec.Limo. More »

DPRD Kota Depok bersama DPPKA Sosialisasikan Perda Pajak Daerah di Kecamatan Cipayung

Ahad(22/9) di Kecamatan Cipayung, DPRD bersama dengan Dinas Pendapatan, Pengelolaan Keuangan dan Aset (DPPKA) Kota Depok, lakukan Sosialisasi Perda Pajak Daerah. Wakil Ketua DPRD Kota Depok, Naming D Bothin menuturkan, terlebih dahulu warga mesti paham dengan jenis pajak, untuk selanjutnya dapat menyelesaikan permasalahan yang ada di masyarakat. \\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\"Ada beberapa jenis pajak dasar yang harus diketahui warga. Tetapi yang pasti, pajak nantinya akan masuk ke kas daerah yang gunanya untuk pembangunan di Kota Depok juga,\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\" tuturnya kembali. More »

Penghargaan Wajib Pajak, Aparatur Kecamatan dan Kelurahan Kota Depok Tahun 2012

Hari Senin 17 Desember 2012, bertempat di Multi Function Hall, Raffless Hills Blok HA No.1, Jl. Alternatif Cibubur-Depok, DPPKA Kota Depok kembali penyelenggaraan pemberian Penghargaan kepada Wajib Pajak, Aparatur Kecamatan dan Kelurahan Kota Depok Tahun 2012. Kegiatan ini sudah menjadi agenda tahunan DPPKA Kota Depok, yang dimaksudkan untuk memberikan apresiasi kepada Wajib Pajak Daerah yang telah melaksanakan kewajiban membayar pajak daerah dengan Tepat Waktu, Jujur dan Benar. Selain itu pemberian penghargaan ini pun dimaksudkan untuk memberikan dorongan dan motivasi kepada para Wajib Pajak maupun Aparatur, untuk dapat melaksanakan pengelolaan administrasi dan pemungutan pajak daerah dengan sebaik-baiknya sesuai dengan ketentuan perpajakan yang berlaku, mengingat penerimaan pajak daerah ini merupakan penerimaan yang paling besar dari sektor Pendapatan Asli Daerah (PAD), yang merupakan salah satu sumber pembiayaan dalam APBD demi terwujudnya pembangunan di Kota Depok. More »

DPPKA Utamakan Kualitas Pelayanan Publik Sebagai Isu Strategisnya Dalam Forum OPD 2013

Rabu(20/2) Dinas Pendapatan, Pengelolaan Keuangan dan Aset (DPPKA) Kota Depok menyelenggarakan Forum Organisasi Perangkat Daerah Tahun 2013, di Aula DPPKA Gd.Dibaleka Lantai 2. Dalam Forum ini dijabarkan tentang rencana kegiatan yang akan dilaksanakan oleh DPPKA di tahun 2014. More »

 

Dinas Pendapatan Prov.Jawa Barat Wilayah I Depok Sosialisasikan BBNKB Gratis

Hari ini, Senin(13/2) Samsat Kota Depok yang berada di Jalan Merdeka Raya, Sukmajaya Depok , tampak lengang. Hal ini menjadi pemandangan yang tidak biasa di Samsat Depok, namun dari pengamatan yang ada di tempat tersebut, terkesan bahwa Samsat Kota Depok kini terlihat semakin tertib dalam melayani kebutuhan masyarakat dalam mengurus surat-surat kendaraan bermotor. Kondisi ini bisa terjadi karena sejak Bulan Mei 2011 pelayanan di Samsat Kota Depok telah terbagi menjadi 2 tempat yakni, untuk kendaraan yang berdomisili di wilayah Kecamatan Beji, Sukmajaya, Cilodong,  Cimanggis, Tapos, dan Cipayung dilayani di Samsat Depok tersebut, sedangkan untuk kendaraan yang berdomisili di  Kecamatan Cinere, Limo, Sawangan, Bojongsari dan Panmas dilayani di Samsat Cinere yang berada di Jl.Raya Limo,Kec.Limo.

Berita gembira yang perlu disimak dari pelayanan di Samsat Depok bahwa sesuai Pergub No.67 Tahun 2011 tentang Pembebasan Biaya Balik Nama Kendaraan Kedua  Menjadi 0 %. Ini diartikan bahwa pelayanan Biaya Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBNKB) Kedua dan Seterusnya adalah GRATIS, berlaku sejak tanggal 2 Januari s/d 30 Juni 2012, seperti yang di utarakan oleh Kasi PKB/BBNKB Dinas Pendapatan Prov.Jawa Barat Wilayah I Kota Depok, H.E. Iwa Sudrajat.AP.,M.Si di ruang kantornya kepada tim liputan Diskominfo. Hal ini di berlakukan dalam rangka penertiban kendaraan bermotor yang masih banyak terdata di wilayah luar Depok, sedangkan pemiliknya berada di Kota Depok, sehingga pajaknya tidak masuk ke Kota Depok. Padahal jika ini di maksimalkan, sangat banyak nominal pajak yang bisa di dapatkan dari pembayaran pajak kendaraan dari seluruh warga Depok, karena pajak ini nantinya diharapkan dapat dimanfaatkan untuk pelayanan kepada masyarakat terkait sarana jalan raya, lampu lalu lintas, dan sebagainya.

Selain itu juga, sesuai Peraturan Daerah Jawa Barat Nomor 13 Tahun 2011 tentang Pajak Daerah, Pajak Progregsif (bertingkat) akan diberlakukan mulai tanggal 01 Januari 2012. Pajak Progresif diberlakukan terhadap kepemilikan kendaraan bermotor pribadi kedua dan seterusnya didasarkan atas Nama dan Alamat yang sama, ditetapkan secara progresif sebagai berikut :

  • PKB kepemilikan kedua, sebesar      : 2,25 %
  • PKB kepemilikan ketiga, sebesar      : 2,74 %
  • PKB kepemilikan keempat, sebesar : 3,25 %
  • PKB kepemilikan kelima, sebesar     : 3,75 %

Untuk informasi lebih jelasnya bisa dilihat di website : www.dispenda.jabarprov.go.id atau hubungi kantor Samsat terdekat.

Oleh karena itu, di himbau kepada seluruh warga Depok untuk segera melapor ke Samsat terdekat apabila terjadi peralihan kepemilikan kendaraan bermotornya. Dan ini demi kenyamanan berkendara juga kebaikan bersama, jika warga Depok sudah tertib membayarkan pajak kendaraannya di wilayah tempat tinggalnya sendiri, mudah-mudahan  sarana dan prasarana yang di harapkan dapat terwujud sesuai keinginan semua warganya.

Leave a Reply